Crude Palm Oil (CPO) merupakan minyak nabati yang dihasilkan dari mesocarp buah pohon kelapa sawit. Selain menghasilkan CPO, inti buah sawit juga menghasilkan produk minyak inti kelapa atau yang biasa dikenal dengan Palm Kernel Oil (PKO). Palm Kernel Oil dan Crude Palm Oil memiliki perbedaan yang sangat signifikan, jadi kedua jenis produk minyak sawit ini memiliki kegunaan yang berbeda. Dari segi tampilan, CPO memiliki warna merah karena mengandung alfa dan betakaroten., sedangkan PKO tidak berwarna merah.

Minyak Sawit Sebagai Minyak Goreng

CPO memiliki manfaat yang sanga banyak, khususnya pada pembuatan produk pangan maupun non-pangan. Beberapa Industri pangan menggunakan CPO menjadi bahan baku minyak goreng. Minyak goreng merupakan kebutuhan utama bagi kebanyakan orang di dunia. Para produsen minyak goreng menggunakan minyak sawit karena memiliki kadar lemak jenuh yang baik. Selain itu biaya produksi yang rendah serta kestabilan oksidatif yang baik ketika digunakan untuk mengoreng menjadi faktor lainnya. Minyak goreng sawit sangat umum digunakan oleh masyaratkat di negara tropis Afrika, Asia Tenggara, Asia Tengah, dan Amerika Selatan. Penggunaan minyak goreng sawit juga membantu menekan biaya produksi industri makanan seperti pabrik makanan ringan dan restoran karena harganya murah.

 

Potensi Ekspor Crude Palm Oil

Banyaknya lahan sawit di Indonesia menjadikan CPO sebagai salah satu komoditas utama ekspor. Banyaknya lahan sawit di Kalimantan, Lampung, Riau, dan Papua merupakan daerah produsen CPO berkualias tinggi di Indonesia menjadi alasan CPO dapat diekspor. Saat ini pangsa ekspor minyak sawit di pasar global memiliki permintaan yang sangat tinggi. Meski beberapa waktu lalu Uni Eropa menghimbau pembatasan minyak sawit, masih ada beberapa negara tujuan ekspor minyak sawit.

Namun, Indonesia telah menjalin kerja sama yang baik dengan negara-negara di dunia. Seperti negara-negara di wilayah Afrika, Asia Tenggara, dan Amerika Selatan menjadi tujuan ekpor rutin CPO. Selain itu permintaan ekspor Crude Palm Oil ke wilayah Asia Tengah seperti Tajikistan, Turkmenistan, Uzbekistan, Kazahsktan, dan Kyrgystan juga sangat tinggi.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll Up