India memiliki persentasi tingkat konsumsi gula tebu sangat tinggi. Produk gula tebu yang digunakan oleh masyarakat India adalah Khandsari atau khand. Khandsari merupakan gula tebu mentah yang dihasilkan dari campuran molase, sehingga memiliki warna coklat tua. Banyak orang menyebut khandsari dengan gula muscovado. Saat ini India menjadi produsen khandsari terbesar, dengan menghasilkan lebih dari 50% pasokan gula muscovado di dunia.

Gula Tebu Campuran Molase

Khandsari dibuat dari sari tebu yang diuapkan hingga menjadi kristal yang sedikit lembek. Cairan lembek tersebut merupakan sebuah suspensi dari gula kristal dan molase yang disebut massecuite. Massecuite juga digunakan dalam produksi jaggery , yang langsung dicetak menjadi cetakan. Produsen Khandsari menggunakan beberapa metode pembuatan gula, dan masih menggunakan cara tradisional berteknologi rendah.

Metode Pembuatan Khandsari

  1. Metode produksi manual adalah dengan mengkristalkan (granulasi) massecuite dengan mendinginkannya dalam panci dan terus menerus mencukurnya dengan mengaduknya dengan spatula besar (biasanya digunakan di India) atau dengan menekannya dengan kaki (biasanya digunakan di Afrika).
  2. Metode centrifuge industri ditemukan pada akhir abad ke-18 hingga awal abad ke-19, di mana massecuite dikristalisasi menggunakan centrifuge untuk memisahkan bubur kaya kristal yang dikeringkan dari molase-nya dalam bejana di bawah gravitasi.
  3. Metode industri modern menggunakan pengering semprot.

 

Kegunaan Khandsari

Meskipun Khandsari dan jaggery merupakan gula tradisional India, namun khandsari lebih populer daripada jaggery. Secara umum gula campuran molase ini dapat menggantikan gula merah pada berbagai resep makanan dan minuman di India. Seperti manisan, masala chai, dan roti dengan cara mencapurnya dengan ghee cair, kopi India dan khand cawal.

Banyaknya manfaat khandsari untuk penduduk India menjadikan India sebagai produsen Khandsari terbesar di dunia. Tentunya, pasar gula muscovado di dunia akan sangat bergantung dengan ketersediaan khandsari di India. Sehingga hal ini menjadikan India sebagai pemain utama gula muscovado di dunia.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll Up