Saat ini banyak sekali jenis gula yang digunakan sebagai pemanis makanan dan minuman. Mulai dari gula tebu yang biasa dikonsumsi, hingga gula kelapa dengan klaim “lebih sehat”. Kebanyakan orang lebih memilih gula tebu karena lebih murah dan lebih manis. Sedangkan kalangan tertentu yang mengonsumsi gula kelapa sebagai pemanis makanan dan minuman mereka.

 

Hal ini membuat para pengguna gula tebu sulit untuk beralih menggunakan gula kelapa. Karena hanya sedikit orang yang memahami manfaat gula kelapa dari sisi kesehatan. Manfaat gula kelapa seharusnya dapat mengubah pola hidup pengguna gula tebu. Mengingat manfaat gula kelapa cukup banyak, selain itu mengonsumsi gula kelapa tidak memiliki resiko jangka panjang. Namun, hal ini dilakukan mengingat di negara-negara berkembang harga gula kelapa sangat mahal dibandingkan dengan gula tebu. Gula tebu menjadi solusi pemanis yang paling mudah dan paling murah.

 

Tingkat Penggunaan untuk Makanan dan Minuman

Indonesia yang notabene sebagai negara produsen gula kelapa juga memiliki tingkat konsumsi gula kelapa yang rendah. Meskipun Indonesia menjadi salah satu negara eksportir gula kelapa terbesar. Kebanyakan orang Indonesia menggunakan gula tebu sebagai pemanis makanan dan minuman mereka. Seharusnya gula kelapa dapat menjadi bahan pangan pokok konsumsi sebagai pengganti gula tebu. Saat ini konsumsi gula kelapa masih terbatas, mengingat harganya yang mahal serta keterbatasan penggunaan untuk makanan dan minuman.

 

Saat ini banyak orang-orang di negara maju seperti Rusia, Belanda, dan Norwegia mulai mengubah kebiasaan mereka menggunakan gula tebu. Mereka mulai menggunakan gula kelapa sebagai pemanis makanan dan minuman mereka. Hal ini menjadi tren positif yang menguntungkan mereka, mengingat gula kelapa memiliki kandungan nutrisi untuk tubuh. Indeks glikemik yang rendah pada gula kelapa juga menjadi pertimbangan khusus konsumen gula kelapa. Kandungan glikemik yang rendah dipercaya aman untuk dikonsumsi penderita diabetes.

 

Pemanis makanan dan minuman

Penggunaan untuk Makanan & Minuman di Eropa

Gula ajaib ini memiliki aroma dan rasa yang khas untuk menjadi pemanis yang sempurna. Di Eropa gula kelapa digunakan pada teh inggris, es Frappe, Es Krim Turki hingga kue lamington. Rasa teh dan kopi semakin sempurna jika menggunakan gula kelapa sebagai pemanisnya. Selain itu, renyahnya tekstur gula kelapa granule membuat es krim dan frappe lebih bersensasi.

You may also like...

1 Comment

  1. […] dideres oleh petani untuk mendapatkan airnya, air hasil penderesan ini diolah untuk dijadikan gula kelapa atau gula […]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll Up